[CHORD] Bangkitnya Karinding

bangkitnya karinding

    Indonesia adalah negara yang mempunyai beragam budaya, tari,alat musik,makanan, dan masih banyak lagi budaya yang dimiliki oleh negara kepulauan ini. Untuk alat musik, Indonesia memiliki ratusan alat musik tradisional yang tersebar di berbagai daerah, bahkan mungkin di setiap suku daerah mempunyai alat musik tradisonal sendiri. Untuk artikel kali ini, saya akan mencoba mengupas alat musik tradisonal sunda yang bernama "Karinding".

    Apakah anda tahu tentang Karinding? Kalau anda tidak tahu, mungkin bisa di maklumi, karena alat musik tiup yang satu ini mungkin bisa hampir dikatakan punah. Tapi akhir-akhir ini, ada komunitas yang membangkitakan alat musik ini, mari kita cari apa yang dinamakan karinding itu.

    Karinding adalah alat musik tradisonal dari Sunda. Cara memainkan alat musik ini adalah dengan cara ditempelkan di bibir dan tepuk bagian pemukulnya yang akan menghasilkan resonansi suara. Karinding biasanya dimainkan secara solo atau grup. Dalam permainan grup dibutuhkan satu orang untuk mengatur nada atau ritme. Dulunya, Karinding digunakan untuk mengusir hama disawah,namun lamabat laun alat musik ini digunakan untuk menciptakan seni nada yang harmoni.

    Tahun 2012 yang lalu, muncul komunitas di ujung berung yang ingin membangkitkan karinding dengan event yang bertajuk "Karinding Attack". Tujuan Karinding attack ini adalah supaya alat musik ini tidak punah dan generasi muda yang akan datang tidak akan melupakan alat musik tradisonal. Jadi kita menghargai dan melestarikan budaya kita, jangan sampai budaya kita di klaim oleh negara lain. 
--dikakur--